CARA INSTAL WINDOWS 10 LENGKAP DENGAN GAMBAR

Kali ini Admin akan share ilmu tentang Cara Install Ulang Windows 7 Lengkap+Gambar. Dalam hal ini, mungkin masih banyak dari Anda yang belum bisa melakukannya. Lain halnya dengan mereka yang mengambil pendidikan jurusan komputer, menginstall bisa dibilang sangat mudah bagi mereka.

Oke, bagi Anda yang belum bisa menginstall windows, cobalah ikuti beberapa langkah dibawah. Dan untuk memudahkan Anda, pada tutorial ini Penulis sertakan juga gambar-gambarnya.

Sebelum menginstall windows 7, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal, seperti:

  • Backup data-data penting yang ada dilocal C terlebih dahulu.
  • Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD.
  • Apabila yang akan di install windows adalah laptop, siapkan charger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Pastikan hardware yang digunakan dalam keadaan baik.
  • Mempersiapkan Installer Windows 7 (baik berupa DVD ataupun Flashdisk)

Setting BIOS agar Booting dari CD/ DVD



Untuk masuk ke lokasi settingan bios, akan berbeda cara nya pada setiap PC/Laptop , karena Bios banyak macam nya, tapi tenang aja, kita masih bisa masuk tanpa mengetahui jenis bios anda.

Untuk masuk ke bios , kita harus menekan tombol keyboard ketika komputer dihidupkan secara cepat, karena pesan yang muncul hanya sebentar.  Biasa nya tombol yang di pencet adalah :
F2, F8, F10, F12, dan DEL , tetapi jika salah satunya gak bisa, coba saja dari F1 sampai F12.
Tampilan awal bios seperti ini




Setelah masuk ke bios, pilih lah tab Boot


Terlihat 1st Boot Device adalah Floppy Drive, untuk mengganti nya menjadi CDROM, pilih 1st boot device , lalu muncul tab biru seperti diatas, pilih CDROM

Setelah Memilih CDROM, tampilan akan menjadi seperti ini



CDROM menjadi yang pertama, setelah ini tekan F10 untuk simpan dan exit, pilih OK.


LANGKAH - LANGKAH INSTALL WINDOWS 10

Silahkan tekan sembarang tombol untuk mengawali instalasi windows 10.






Tentukan Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format, untuk bagian yang lain seperti Language to install serta Keyboard or input method biarlah dalam kondisi default, tak perlu anda ubah.





Setelah itu silahkan anda tekan tombol Install now.





Lalu centang I accept the license terms,kemudian tekan tombol Next untuk meneruskan.





Pada langkah di bawah ini, silahkan anda pilih bagian Custom : Install Windows only (advanced).





Umpamanya anda hanya akan melakukan install ulang ataupun upgrade/downgrade dari system operasi windows lama anda menjadi windows 10, anda hanya cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C :) serta Drive 0 Partition 1 : Sistem Reserved, maka secara automatis, ke-2 partisi yang anda hapus itu jadi Unallocated Space (belum dipartisi).
Nah, setelah itu silahkan buat partisi baru lagi serta menjadikan Drive 0 Partition 2 sebagai tempat instalasinya,kemudian silahkan anda tekan tombol Next untuk meneruskan.
dengan melakukan langkah tersebut, data-data pada partisi lain tetaplah aman (tak terhapus). Lebih detilnya, simak gambar gif di bawah ini : Namun bagi anda yang HDDnya masihlah kosong, mulus atau yang belum pernah diinstall system operasi windows terlebih dulu, silahkan lalui langkah nomer 6 diatas.





Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini kalau ruangan HDD masihlah kosong (Unallocated Space). maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan cara melakukan partisi baru. Untuk jumlah partisinya, dapat 2 atau lebih dari 2 partisi, sesuai dengan apa yang anda inginkan






Silahkan tentukan Drive 0 Unallocated Space → New, tetapkan ukuran partisi itu, kemudian silahkan anda klik tombol Apply. Ukurannya janganlah sangat banyak serta janganlah sangat sedikit juga.

Umpamanya ukuran HDD anda 320GB/500GB, berikan ukuran 100GB saja telah cukup, karena partisi yang pertama kalinya anda buat ini adalah partisi sistem (partisi C :).





Tekan tombol OK untuk pembuatan sistem reserved partition.





Silahkan buat 1 atau lebih partisi lagi lewat cara yang sama dengan pada langkah nomer 6.





Seperti yang anda saksikan pada gambar di bawah ini, komputerdia.com cuma bikin 2 partisi paling utama. Setelah itu tentukan Drive 0 Partition 2 untuk tempat instalasinya (janganlah diletakkan di partisi lain ),lalu silahkan anda tekan tombol Next.





Proses instalasi windows 10 akan segera berjalan, biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 30 menitan





Silahkan masukan product key windows 10 anda, kemudian tekan tombol Next. jika anda tidak memiliki produsct keys tersebut, silahkan anda pilih menu Do this later. Anda dapat aktivasi windows 10 anda di akhir penginstallan dengan menggunakan windows activator.





Setelah itu silahkan anda pilih Use Express settings.





Silahkan masukan nama computer anda serta password jika memang perlu (alangkah sebaiknya di beri password agar tak sembarang orang bisa masuk ke computer/laptop anda). Isikan kata atau kalimat yang mudah anda ingat





Proses ini tidak memakan waktu banyak, tunggu beberapa saat hingga anda di arahkan ke halaman desktop windows 10 anda.





Langkah intallasi windows 10 telah selesai, kini anda sudah bisa merasakan sensasi terbaru dari windows 10


CARA INSTAL WINDOWS 10 LENGKAP DENGAN GAMBAR CARA INSTAL WINDOWS 10 LENGKAP DENGAN GAMBAR Reviewed by Unknown on Januari 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.